Memilih Flow Meter Secara Tepat Untuk Proses

Flow Meter adalah alat yang digunakan untuk menghitung laju alir fluida. Biasanya penggunaan flow meter disematan pada pipa sebelum sampling atau outlet menuju alat proses, bertujuan untuk mengendalikan laju alir produk atau bahan baku yang digunakan dalam sebuah proses industri.

Dikarenakan fungsinya yang penting, maka pemilihan dalam pemasangan flow meter tidak bisa sembarangan. Banyak faktor pertimbangan yang diambil oleh seorang engineer dalam penentuan penggunaan jenis flow meter yang harus diletakan dalam sebuah pipa proses. Antara lain :

  • Fluida Yang Mengalir
    Dalam sebuah proses, terkadang fluida yang mengalir didalam sebuah pipa tidak hanya terdiri dari 1 jenis fluida saja. Ada kalanya sebuah fluida terdiri dari dua campuran, seperti cair dan gas atau cair dan padat. Oleh sebab itu, pemilihan flow meter harus memperhatikan bentuk pulsenya agar tidak terganggu oleh salah satu fasenya.
  • Lingkungan tempat flow meter dipasang
    Adakalanya sebuah flow meter dipasang disebuah lingkungan yang terkontaminasi oleh berbagai macam limbah. Entah limbah suara, limbah padatan atau limbah gelombang elektromagnetik. Ketika kita mengetahui dengan pasti lingkungan proses, maka kita bisa menentukan jenis flow meter yang paling sesuai.
  • Penggunaan jangka panjang
    Lain halnya dengan perencanaan jangka panjang produksi sebuah industri, ketika anda memutuskan untuk melakukan expansi di kemudian hari, maka pemilihan flow meter harus mengikuti perencananaan pengembangan produk. Apakah dikemudian hari flow meter tersebut masih sesuai dengan target produksi anda?

Agar anda tidak bingung, mungkin beberapa jenis flow meter dibawah ini bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk diletakan dalam salah satu alat proses anda.

Inline Digital Turbine Meter dari Fill Rite

TT10PN-TT10PB

Fill rite sudah dikenal sebagai salah satu produsen flow meter dengan toleransi efisiensi hingga 1%. Dan mereka memiliki salah satu series flow meter fill rite yang terbaru bernama inline digital turbine meter. Secara visual flow meter ini menyerupai pager dengan pembacaan angka digital yang besar. Flow ini mampu dipasangkan dengan outlet hose atau selang fuel transver maupun outlet lainnya. Bagi industri yang bergerak dalam bidang transver fluida senyawa hydrocarbon, flow meter ini bisa kami rekomendasikan untuk pembacaan taksiran.

LCmass Flow Meter Dari Liquid Control

20160516_-_LCMass_640

Salah satu produsen flow meter yang memiliki dedikasi khusus pada transver fluida khusus untuk liquid dengan densitas ringan adalah liquid control distributor. Dan salah satu produk yang memiliki kemampuan pembacaan flow meter secara akurat adalah series LCmass. Bahkan Flow meter LC ini memiliki kemampuan untuk membaca kecepatan laju alir fluida dari densitas yang berbeda-beda dalam satu alat.

Intelligent Potter Meter dari Tokico

instru-potmeter-ph02

Tokico atau sekarang dikenal sebagai Hitachi Corporation dikenal sebagai pelopor industri di jepang dengan kemampuan automatisasi yang terdepan. Salah satu produk yang menjadi unggulannya adalah Tokico flow meters untuk oil rig. Dengan densitas yang kental, flow meter ini masih memberikan akurasi effisiensi hingga 1%, bukankah sesuatu yang luar biasa.

Nah demikianlah beberapa tips memilih flow meter yang bisa digunakan untuk industry anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *