Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Kreatif Yang Menarik

daur ulang plastik

Perlu Anda ketahui menumpuknya sampah plastik di Indonesia sekarang ini cukup mengkhawatirkan. Meningkatnya jumlah penduduk ditambah dengan industri yang terus bertumbuh membuat jumlah volume plastik turut meningkat.

Dapat Anda bayangkan ada berapa jumlah plastik yang lama dibiarkan sampai akhirnya lama terurai di dalam tanah. Dikutip dari kumparan.com, World Economic Forum memprediksi lebih dari 32 persen sampah plastik bakal tidak tertangani, hingga menjadi sampah yang berujung mengotori daratan dan lautan.

Hal ini dapat merusak ekosistem lingkungan di masa yang akan datang. Maka dari itu, mulai sekarang Anda sudah harus melakukan sesuatu untuk menyelamatkan bumi yang Anda tinggali saat ini.

Salah satu caranya adalah dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi kerajinan kreatif yang menarik seperti berikut ini. 

  1. Membuat Totebag dari Bungkus Kopi

Bosan dengan desain totebag yang itu-itu saja? Kenapa Anda tidak membuat sesuatu yang berbeda seperti totebag dari sampah plastik.

Cara yang paling mudah adalah dengan mengumpulkan bungkus minuman seperti bungkus kopi misalnya yang kemudian dikumpulkan jadi satu setelah dibersihkan.

Agar lebih mudah, Anda bisa menyetrikanya terlebih dahulu kemudian dijahit dan dipasangkan talinya hingga menjadi totebag menarik sesuai selera. 

  1. Dompet Koin dari Botol Plastik

Tidak sempat membeli dompet untuk menyimpan uang koin? Manfaatkan saja botol plastik yang tidak terpakai.

Caranya sangat mudah, pertama Anda harus membersihkan botol plastik terlebih dahulu, kemudian gunting hingga menjadi dua bagian. Setelah itu, tempelkan zipper sebagai pembuka dan penutup dompet. 

  1. Kaleng Bekas Minuman Untuk Menyimpan Alat Tulis

Ada kaleng bekas minuman yang tidak terpakai? Daripada dibuang begitu saja, coba Anda bersihkan isi di dalamnya kemudian beri sedikit hiasan di bagian luar supaya terlihat lebih menarik misalnya dengan stiker atau kertas warna.

Setelah itu, gunting sedikit lebih lebar di bagian tutup kalengnya. Letakkan alat-alat tulis Anda ke dalam kaleng yang sudah dihias. Cara kreatif seperti ini juga membuktikan kepedulian Anda terhadap lingkungan. 

  1. Wadah Lilin dari Sendok Plastik

Tak hanya botol plastik yang bisa jadi kerajinan menarik, Jika Anda sering membeli makanan cepat saji yang kemudian Anda bawa pulang untuk dibungkus, jangan dibuang dahulu sendok plastiknya setelah Anda makan.

Anda bisa memotong gagangnya dan dibuat wadah lilin yang menarik. Setelah itu, Anda bisa menambahkan hiasan sesuai selera.

  1. Kontainer Serbaguna 

Siapa sangka tutup botol bisa digunakan sebagai kerajinan yang bermanfaat. Jangan buang tutup botol yang sudah tak terpakai, Anda bisa menyusunnya menjadi kontainer serbaguna, seperti wadah pakaian kotor, tempat untuk menyimpan mainan, payung, dan lain-lain.

  1. Pallet sebagai furniture

Selain itu ada juga pallet yang belakangan menjadi primadona dengan diubah menjadi beragam furniture. Pallet plastik dan palet kayu memang memiliki desain yang kokoh dan solid sehingga cocok untuk