Pertimbangkan Hal Berikut Ini Sebelum Melakukan Instalasi Flow Meter

Perkembangan ilmu Sains yang dibarengi dengan kemajuan teknologi membuat peradaban ilmu pengetahuan semakin membaik, terlebih dalam hal pengukuran. Jaman dulu jika ingin melakukan pengukuran, haruslah dilakukan secara manual dan sangat sederhana. Tapi, saat ini semua bisa dilakukan dengan mudah menggunakan sistem komputerisasi yang telah terhubung antar dimensi teknologi dan juga ilmu pengetahuan (Sains), inilah yang melahirkan ilmu pengetahuan modern.

Hampir semua bidang yang ada, mulai dari metalurgi, tenaga listrik, batubara, industri kimia, minyak bumi, transportasi, konstruksi, tekstil, makanan & obat-obatan bisa dilakukan lebih efektif dan efisien dengan menggunakan prinsip pengukuran ilmu pengetahuan modern.

Dari semua hal di atas, salah satu alat pengukuran yang paling umum digunakan adalah flow meter. Suatu alat pengukuran penghitung jumlah kecepatan aliran suatu zat (padat, cair dan gas). Biasanya untuk menggunakan flow meter, ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan sebelum dipasang, seperti:

1. Terpenuhi Persyaratan Lingkungan Internal & Eksternal

Ada beberapa catatan yang harus Anda perhatikan jika ingin memasang flow meter, baik dalam ruangan ataupun di ruangan terbuka, seperti faktor keamanan, proteksi yang harus dilakukan, perawatan, dan yang paling terpenting adalah tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar. Memastikan flow meter bisa bekerja dengan optimal tanpa adana gangguan akan membuat hasil pengukuran semakin akurat dan lebih tahan lama.

2. Memilih Flow Meter yang Sesuai

Saat ini ada banyak ragam dan model flow meter yang dijual. Anda harus bisa memilih mana produk flow meter yang tepat agar tidak merugi nantinya karena setiap flow meter memiliki fungsinya tersendiri. Untuk harga flow meter yang dijual pun juga berbeda-beda. Cobalah untuk mendapatkan informasi mengenai semua harga flow meter yang Anda butuhkan, lalu pilih mana yang paling sesuai dengan budget Anda.

3. Yakin Bahwa Anda Bisa Melakukan Instalasi dengan Baik

Memastikan flow meter yang akan dipasang sendiri tidak mengalami kegagalan adalah tanggung jawab Anda. Mulai dari persyaratan melakukan bypass pada pipa, memasang setiap bagian filter dan flow meter pada tempatnya, bisa mengelas dengan baik, menjamin aliran harus sudah sesuai dengan ground flow agar tidak mempengaruhi sistem kelistrikan, dan masalah teknis lainnya.

Jika memang tidak yakin, akan lebih baik jika Anda mempercayakan hal ini pada perusahaan yang menyediakan jasa instalasi flow meter. Biasanya, mereka akan mengirimkan tenaga ahli yang sudah pasti berpengalaman dalam bidang tersebut sehingga semua masalah yang mungkin tidak Anda tahu bisa teratasi. Jangan mencoba melakukan semuanya sendiri karena akibat yang akan Anda terima akan sangat fatal dan kerugian yang ditimbulkan juga tidaklah sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *