4 Tips Mudah Mengusir Bau Ompol Pada Kasur Bayi

Memiliki seorang bayi tentunya akan menjadikan sebuah kesibukan tersendiri bagi seorang ibu. Salah satu hal yang tentunya akan membuat dia sangat sibuk adalah jika dihadapkan dengan permasalahan seperti adanya bau ompol yang kadang membandel pada kasur bayi.

bau-ompol-pada-kasur-bayi

Berbagai cara akan ditempuh guna menghilangkan bau tersebut, mulai dengan melapisinya dengan pelindung yang kedap air pada kasur serta memakaikan popok pada bayi tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda tempuh jika anda mendapati permasalahan akan bau ompol pada tempat tidur bayi anda:

  1. Soda kue dan cuka
    Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengusir bau ompol pada kasur bayi anda adalah dengan memanfaatkan soda kue ataupun cuka. Untuk memanfaatkan kedua bahan ini maka anda bisa menungkan campuran baking soda serta air pada bagian kasur yang berbau pesing. Setelah itu, anda bisa tuangkan air cuka pada kasur tersebut dan ulangi langkah tersebut beberapa kali. Selanjutnya, anda bisa mencuci kasur tersebut dan menjemurnya di bawah terik sinar matahari.
  2. Tepung maizena
    Selain memanfaatkan soda kue dengan cuka, anda juga bisa menghilangkan bau ompol yang terdapat pada kasur bayi dengan memanfaatkan tepung maizena. Pemanfaatan tepung maizena untuk mengatasi hal ini, bisa anda lakukan dengan menaburkan tepung tersebut pada bagian yang berbau. Setelah itu, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air hingga bau tersebut tidak lagi tercium lagi.
  3. Obat kumur
    Biasanya, anda akan menggunakan jenis bahan ini selepas anda gosok gigi untuk memberikan rasa segar serta bersih pada mulut anda. Ternyata jenis obat kumur ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau ompol dengan cara memberikan larutan ini pada bagian kasur bayi yang terkena ompol yang selanjutnya anda tutup dengan kain bersih. Setelah dua hari, bau pesing tersebut akan hilang.
  4. Alkohol 70%
    Ternyata, alkohol yang memiliki bau yang cukup menyengat ini bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan bau ompol yang ada pada kasur bayi anda. Untuk membersihkan bau ompol ini maka anda bisa memilih alkohol dengan kadar 70% yang kemudian bisa anda tuangkan pada bagian yang terkena ompol tadi. Selanjutnya, anda bisa memberikan kain bersih di atasnya sehingga alkohol tersebut juga akan terserap pada kain. Setelah itu, anda bisa jemur di bawah sinar matahari hingga kasur tersebut kering dan bau ompol tersebut hilang.

Jika anda mendapati permasalahan kaitannya dengan bau ompol pada kasur bayi anda maka anda bisa memanfaatkan beberapa cara diatas sehingga bau ompol tersebut tidak lagi mengendap pada tempat tidur bayi anda. Namun, dalam pengaplikasiannya, kadang bau dari beberapa bahan tersebut sangatlah kuat yang bisa saja mengganggu penciuman dari indra pencium bayi anda. Untuk itu, dari beberapa alternatif cara membersihkan bau ompol pada kasur bayi diatas, anda bisa memilih salah satu cara yang anda anggap paling efektif untuk diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *