Memahami Konsep Pneumatic Indonesia

Apa itu Pneumatic dan bagaimana mekanismenya?

Pneumatic adalah sebuah sistem yang dirancang untuk menggerakan sebuah proses menggunakan bantuan gas atau udara.  Dikarenakan udara yang dibutuhkan tergolong banyak, maka sistem pneumatic indonesia hanya digunakan untuk proses fabrikasi saja dengan memanfaatkan udara dari kompressor atau tabung gas bertekanan tinggi.

Gas yang digunakan untuk pneumatic ini bisa berasal dari compressor, namun dengan catatan dihilangkan kandungan uap air yang ada didalamnya (udara kering). Jika udara yang dimasukan mengandung uap, hal ini akan membahayakan bagi alat proses pneumatic indonesia dan bahkan untuk orang-orang yang ada disekitarnya. Uap air akan membentuk water hammer yang bisa merusak silinder dari pneumatik, selain itu water hamer mampu menghancurkan beberapa material yang bersifat lunak.

mekanisme_pneumatic_indonesia

Selain menggunakan udara kering dari kompresor, gas yang sering digunakan untuk mengisi tekanan pada silinder pneumatic adalah Nitrogen. Dengan catatan gas nitrogen yang digunakan bebas dari kandungan oksigen, untuk mencegah sufofikasi dan sublimasi pembentukan ikatan H2O dalam silindernya. Mengingat Nitrogen yang sering ditemukan dalam industri adalah nitrogen yang mengandung 10% Oksigen.

Pada bagian dalam tabung pneumatic ditambahkan pelumas berupa minyak atau oli, dengan tujuan untuk mencegah pengikatan antara uap air dengan sistem.

Sejarah Awal Penemuan Pneumatic Di Dunia dan Indonesia

Jika ditinjau dari catatan sejarah, konsep pneumatic dikenal sejak jaman yunani kuno dimana seorang matematikawan alexandria memperkenalkan temuannya terhadap energi gerak menggunakan tenaga uap atau angin. Namun semua data kemudian merujuk pada temuan seorang ahli fisika dari jerman, Otto Von Guericke, dikarenakan temuannya terhadap sistem vacuum saat memishakan copper menggunakan udara.

Konsep vacuum kemudian dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan daya tekan terhadap tuas pompa, hingga kini applikasinya telah kita nikmati pada perlengkapan seperti shock atau mesin penjungkit yang ada dibawah dock pembersih mobil. Applikasi ini kemudian berkembang ke perlengkapan kecil untuk engsel pintu dan beragam lainnya.

Dikarenakan penggunaannya yang terbatas pada industri, perlengkapan pneumatic indonesia tergolong mahal. Selain itu sistem ini tidak dapat dipindah pindah, dan membutuhkan lokasi yang tetap seperti gudang atau sebuah rangkaian proses.

Ketahui Kisaran Harga Pneumatic Indonesia

Kedepannya walau teknologi ini semakin kecil, namun pemanfaatannya untuk kehidupan sehari-hari sangatlah tidak mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *