Kemasan Kertas Yang Memenuhi Standar Untuk Mengemas Makanan

Kemasan kertas tentunya anda pernah menjumpainya entah makanan atau bahkan apapun itu. Saat ini pasar menuntut agar paper packaging bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan suatu produk yang akan dikemas saja. Melainkan juga bisa dijadikan sebagai media promosi dengan adanya perkembangan teknologi cetak dan kemasan.

Paper Packaging

Tentu saja sangat diharapkan produk kemasannya bisa dicetak dengan baik serta menghasilkan warna yang tajam. Melalui sebuah inovasi yang didukung secara terus menerus oleh perkembangan teknologi, paper packaging untuk kemasan makanan ini bisa untuk mengemas berbagai kegunaan yaitu:

  1. Kemasan Hard sizing yang biasanya digunakan untuk kemasan yang mampu disimpan dalam kondisi yang dingin ataupun beku.
  2. Ada juga kemasan regular sizing yang biasanya digunakan untuk kemasan secara menyeluruh.
  3. Ada pula kemasan grease resitance yang merupakan salah satu kemasan kertas yang mampu menahan penetrasi minyak.
  • Tujuan pengemasan barang menggunakan paper packaging

Dalam sebuah industri makanan dan juga minuman amat sangat membutuhkan kemasan. Pada umumnya bahan makanan dalam pengangkutannya memerlukan suatu kemasan yang baik dan aman untuk mendistribusikannya sehingga bisa sampai ke tangan konsumen dengan aman.
Umumnya ada beberapa tujuan pengemasan untuk bahan makanan dan makanan olahan diantaranya:

  1. Untuk memudahkan anda dalam hal pengangkutan dan distribusi.
  2. Pengemasan tentu saja untuk mencegah bahan makanan dari bakteri yang bisa menyebabkan perubahan rasa terhadap makanan.
  3. Mampu mencegah dari uap air yang dapat menyebabkan kehilangan berat atau berubah bentuk.
  4. Mencegah dari kemungkinan kerusakan bahan makanan.
  5. Memudahkan kita dalam hal membawa dan mengeluarkan yang dibutuhkan pada saatnya dan mengamankan sisanya dengan mengemasnya kembali.
  6. Dapat memperpanjang masa simpan dari makanan tersebut.
  • Syarat pengemasan kertas

Meskipun hanya paper packaging untuk suatu makanan tentu saja paper packaging ini harus memiliki beberapa sifat terpenting agar bisa digunakan. Kira-kira sifat terpenting dari kertas kemasan itu apa sajakah? Berikut ini diantaranya yaitu:

  1. Kertas pengemasan haruslah memiliki ketahanan terhadap bau, aroma bahkan gas.
  2. Sebagai paper packaging tentu saja juga harus memiliki ketahanan terhadap asam dan juga alkali.
  3. Paper packaging juga harus tahan terhadap uap air. Meskipun hanya kemasan kertas tentu saja juga harus tahan akan uap air.
  4. Selain itu, paper packaging makanan haruslah tahan terhadap minyak dan juga lemak. Inilah hal yang juga perlu diperhatikan saat menggunakan kemasan kertas untuk membungkus makanan. Usahakan agar kertasnya tahan terhadap adanya minyak.

Itulah sekiranya kriteria paper packaging yang bagus untuk dijadikan sebagai pengemas makanan. Akan lebih baik anda memilih kemasan kertas yang bagus dan aman digunakan serta memiliki berbagai sifat yang dibutuhkan untuk membungkus makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *