Pompa Sentrifugal Industri, Pilihan Terbaik untuk Pompa Industri

Pompa, sebuah alat kecil namun memiliki manfaat dan peran yang luar biasa vital dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Biasanya, di dalam rumahan, pompa berfungsi untuk mendapatkan air. Dalam dunia industri, pompa yang dimaksud bertujuan untuk memindahkan cairan dari suatu medium ke medium lain secara terus-menerus.

Pompa yang digunakan dalam dunia industri juga berbeda dengan pompa rumahan, karena dalam dunia industri ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan sangat detail sehingga fungsi dan jenis pompa semakin diperluas untuk menutupi semua kebutuhan dunia industri. Secara teori sains, prinsip kerja pompa adalah dengan memberikan perbedaan tekanan saat masuk dan saat keluar sehingga bisa mengubah tenaga mekanis (penggerak) menjadi tenaga kinestetis (kecepatan). Jika ada hambatan tentu saja proses perpindahan bisa menghambat aliran.

Ada 2 pompa yang hampir banyak selalu digunakan dalam kegiatan industri, entah itu untuk industri perminyakan, batu bara, perkapalan, limbah, dsb selalu menggunakan pompa Sentrifugal ataupun pompa positive displacement.

Dalam perawatannya, pompa sentrifugal harus dilakukan sesuai dengan standar khusus yang berlaku. Dengan begitu, pompa akan bisa bekerja lebih maksimal dan tahan lama dalam penggunaannya. Standar proteksi yang harus dilakukan adalah dengan memberikan proteksi terhadap overload seperti penggunaan alat tambahan pressure switch low, flow switch dan overload relay pada motor bagian pompa.

pompa sentrifugal khusus industri

Melakukan proteksi terhadap kemungkinan terjadinya vibrasi, dengan menambahkan vibration switch dan vibration monitor. Mencegah terjadinya minimum flow dengan menggunakan pressure switch high (PSH), flow switch low (FSL) dan return line yang dilengkapi dengan control valve serta proteksi pada low NPSH available dengan menggunakan  level switch low (LSL) dan pressure switch low (PSL).

Keunggulan Pompa Sentrifugal:

– Tahan lama & kuat
– Memiliki ragam jenis
– Prinsip kerja yang mudah
– Mudah digunakan
– Memiliki bentuk yang kecil sehingga menghemat ruang
– Tidak menimbulkan kebisingan
– dll

Ada beberapa bagian utama pompa yang harus Anda ketahui, seperti:

1. Stuffing box berfungsi agar tidak terjadi kebocoran pada poros pompa agar tidak menembus sisi lainnya.

2. Packing berfungsi untuk mencegah bocoran air yang sudah terjadi pada pompa melalui poros dengan bahan pembuat asbes/teflon.

3. Poros merupakan tempat di mana cairan penggerak akan meneruskan proses perpindahan ke tempat dudukan impeller dan bagian terkait lainnya.

4. Shaft Sleeve memiliki peranan untuk melindungi poros dari erosi, korosi atapun keausan yang mungkin terjadi.

5. Vane adalah Sudu dari impeller sebagai tempat berlalunya cairan pada impeller.

6. Casing merupakan agian terluar dari pompa yang berfungsi untuk melindungi komponen-komponen penting.

7. Impeller memiliki fungsi untuk mengubah energi mekanis menjadi energi kecepatan. Sehingga tidak akan pernah ada kekosongan cairan karena sudah terpompa secara berkelanjutan.

8. Wearing Ring merupakan salah satu komponen yang bisa membantu memperkecil kebocoran yang terjadi pada saat melewati bagian impeller.

9. Bearing berfungsi sebagai bantalan untuk menahan beban dan menumpu poros dengan baik ketika berputar.

Itulah beberapa hal mengenai pompa sentrifugal yang bisa Anda ketahui. Kami bisa membantu Anda memberikan referensi mengenai pompa sentrifugal hingga tokico flow meter dengan kualitas terbaik yang dijual untuk memenuhi kebutuhan industri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *