Peran Vacuum Handling System pada Industri Otomotif

Apa itu Vacuum Handling System

Dalam dunia industri kita akan mengenal berbagai macam alat transport untuk memindahkan sebuah produk dari satu divisi ke divisi lain.  Terutama di dalam industri manufaktur. Terkadang alat transport yang digunakan harus khusus agar tidak lecet atau merusak produk. Salah satu alat yang digunakan adalah Vacuum Handling System.

Vacuum handling system secara sederhananya menggunakan sistem penyedot atau vacuum untuk merekatkan produk dan memindahkan nya. Salah satu manufaktur yang menggunakan sistem ini adalah Toyota. Mereka menggunakan sistem ini untuk memindahkan bodi part mobil yang sudah selesai perancangan agar tidak tergores dan mengurangi biaya wrapping yang kian tahun mengalami kenaikan harga dan tentu tidak ramah lingkungan. Industri lain yang menggunakan cara ini adalah industri manufaktur kaca. Mengingat ringkihnya produk ini, sehingga membutuhkan alat transport yang bisa menjaga agar tidak pecah. Masih banyak lagi industri yang menggunakan vacuum handling system.

Bagaimana mekanisme kerja sebuah vacuum handling system

Vacuum Handling System bekerja dengan bantuan sebuah kompresor yang akan memberikan udara tekan pada hoose melalui pipa-pipa bertekanan tinggi. Tekanan yang diberikan oleh kompresor bervariatif tergantung dari produk yang akan dipindahkan dan masa dari produk yang akan dipindahkan.

Hoose yang merupakan mulut suction akan menempel pada permukaan benda yang akan dipindahkan. Pada bagian antara hoose dengan pipa transport terdapat katup yang akan membantu proses saat benda akan dijatuhkan atau dipindahkan. Katup ini berfungsi untuk memberikan tekanan udara keluaran.

Bagaimana jika massa beban yang dipindahkan tidak mampu menggunakan pipa vacuum handling system?

Pipa transport terbuat dari bahan yang memiliki kemampuan terbatas, namun tidak pada alat kompressor. Sehingga beberapa enginer mengembangkan teknik lift crane untuk mengangkat benda yang massanya melebihi batas kemampuan pipa suction. Yaitu dengan menambahkan hoose dan meletakan vacuum handling system bersamaan dengan alat transport. Kemudian alat ini akan digantungkan menggunakan reel yang terhubung pada crane, sehingga memudahkan transport.

Salah satu vacuum handling system yang terbaik di keluarkan oleh schmalz, perusahaan dari jerman yang fokus kepada perancangan dan alat-alat berat. Untuk mendapatkan perancangan system ini tidak terlalu sulit, beberapa perusahaan perancangan di Indonesia sudah menjadi agen pemasaran dari alat-alat milik schmalz dan salah satunya adalah Nabel Sakha Gemilang, PT.

Demikian informasi terkait Vacuum Handling System, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *