Mekanisme Kerja Sanitary Pump Merk Graco

Pump atau pompa adalah alat yang berfungsi untuk memindahkan suatu cairan atau fluida dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cara menaikkan tekanan cairan tersebut melalui cara tertentu. Pompa secara umum dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu pompa kerja positif dan pompa kerja dinamis. Pada pompa kerja positif, kenaikan tekanan cairan di dalam pompa disebabkan oleh adanya pengecilan volme ruangan yang ditempati oleh cairan tersebut. Ruangan tersebut diisi oleh elemen yang dapat bergerak, sehingga pergerakannya menyebabkan volume ruangan membesar atau mengecil sesuai dengan pergerakan dari elemen itu.

Salah satu produk pompa Sanitary Pump diproduksi oleh Graco Indonesia, Sanitary Pump sentrifugal tergolong ke dalam jenis pompa kerja dinamis. Sanitary pump tersebut memiliki bentuk yang sederhana, bobot ringan, pengaplikasiannya yang mudah, perawatan dengan biaya bersahabat, dan tetap mempunya performa kerja yang bagus. Dengan beberapa keunggulan tersebut membuat sanitary pump merk graco banyak dicari oleh masyarakat.

mekanisme kerja sanitary pump merk graco

Menurut Lazarkiewics (1965) ada 5 keuntungan pompa sentrifugal dibanding dengan pompa kerja positif, yakni:

1) gerakan impeler selalu kontinyu (terus-menerus secara konstan);
2) performa selalu maksimal karena gerakan elemen sederhana dan tidak adanya katup-katup penganggu;
3) kemampuan berotasi tinggi, dapat dikopel dengan mtor listrik atau turbin uap;
4) ukuran kecil dan bobot ringan;
5) biaya perawatan murah.

Sanitary Pump atau pompa sanitasi yang paling banyak digunakan dalam industri adalah jenis pompa sanitasi sentrifugal merk graco. Dilihat dari bahan baku yang digunakan, pompa tersebut terbukti berkualitas. SanitaryPump merk drcao telah memenuhi persyaratan sanitasi untuk diaplikasikan dan digunakan dalam pengolahan berbagai produk skala industri.

Tidak spesifik ke satu jenis industri, adapun sanitary pump merk graco dapat diaplikasikan ke dalam beberapa industri, yakni:

  1. Industri kimia, seperti detergen, sabun mandi, surfactants, tinta, dan sebagainya.
  2. Industri makanan
  3. Industri minuman, seperi bir, soda, kopi, dan lain-lain.
  4. Industri farmasi (obat-obatan)
  5. Industri pulp dan kertas
  6. Pengolahan limbah,
  7. Industri kosmetik
  8. Industri petromichal, dll

Mekanime kerja sanitary pump merk graco adalah sebagai berikut:

  1. Energi penggerak berasal dari luar diberikan kepada shaft (poros) yang kemudian digunakan untuk menggerakkan impeler (berbentuk seperti baling-baling).
  2. Impeler tersebut memutar cairan yang masuk ke dalam pump sanitary sehingga energi tekanan dan energi kinetik cairan akan bertambah.
  3. Selanjutnya, cairan di dalam pompa akan terlempar ke luar yang disebabkan oleh adanya gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal tersebut berasal dari gerakan memutar impeler.
  4. Cairan yang keluar dari impeler itu selanjutnya ditampung oleh saluran berbentuk volute (spiral) di keliling impeler, lalu disalurkan keluar melalui difuser.
  5. Di dalam difuser, sebagian energi kecepatan otomatis diubah menjadi energi tekanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *