Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia, mereka adalah kekuatan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kekuatan untuk menaklukan setiap tantangan yang dihadapi secara langsung, dengan berbagai pengetahun dan keahlian yang dimilikinya. Namun karena persaingan terus menerus berubah seiring zaman, kadang pengetahuan yang dimiliki pun harus mengikuti perkembangan. Untuk itu, perlu dilakukan pengembangan sumber daya manusia untuk tetap bisa bersaing secara sehat.

Untuk melaksanakan tugas pengembangan SDM ini, dalam sebuah organisasi atau perusahaan terdapat sebuah departemen yang khusus menanganinya, kita mengenal divisi ini sebagai Divisi Human Resource Development (HRD).

Signifikansi Pengembangan Sumber Daya Manusia dapat dilihat dalam tiga konteks: organisasi, sosial dan profesional.

Secara keseluruhan, manajemen sumber daya manusia adalah proses pemanfaatan yang tepat dan maksimal dari tenaga kerja terampil terbatas yang tersedia. Tujuan inti dari manajemen sumber daya manusia adalah untuk membuat penggunaan sumber daya manusia yang ada secara efisien dalam sebuah organisasi.

Contoh terbaik pada situasi saat ini adalah, industri konstruksi yang sedang menghadapi kekurangan tenaga kerja terampil. Diperkirakan tiga kali lipat dalam dekade mendatang dari 30 persen saat ini, akan berdampak negatif terhadap produktivitas keseluruhan sektor ini, memperingatkan pakar industri.

manfaat positif ikut Training Leadership

Keinginan setiap organisasi adalah memiliki orang-orang yang terampil dan kompeten untuk membuat organisasi mereka lebih efektif daripada pesaing mereka. manusia adalah aset yang sangat penting bagi organisasi daripada tanah dan bangunan, tanpa karyawan (manusia) tidak ada kegiatan dalam organisasi yang dapat dilakukan. Mesin dimaksudkan untuk memproduksi lebih banyak barang dengan kualitas bagus tetapi mereka harus dioperasikan oleh manusia juga pada akhirnya.

Di perusahaan, para profesional terlatih untuk melakukan tugas-tugas SDM. Di perusahaan besar, seluruh kelompok fungsional biasanya berdedikasi untuk disiplin, dengan staf yang mengkhususkan diri dalam berbagai tugas SDM dan kepemimpinan fungsional yang terlibat dalam pengambilan keputusan strategis di seluruh bisnis. Untuk melatih praktisi untuk profesi, lembaga pendidikan tinggi, asosiasi profesional, dan perusahaan sendiri telah menetapkan program studi yang didedikasikan secara eksplisit untuk tugas-tugas fungsi tersebut. Organisasi akademis dan praktisi juga berusaha untuk terlibat dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *