Kamu Harus Coba! 5 Makanan Khas Kota Medan Ini Dijamin Bikin Ketagihan

Kota Medan yang letaknya berada di bagian Utara Pulau Sumatera menyimpan begitu banyak kekayaan alam hingga wisata kulinernya yang khas. Banyak orang dari luar pulau yang rela menghabiskan waktunya berlibur di sini untuk berkeliling dan menikmati pesona wisatanya yang indah.

kota medan

Berbicara soal kenikmatan wisata kuliner, di Kota Medan ada beberapa makanan khas yang sudah terkenal reputasinya. Bahkan, tidak lengkap rasanya jika pergi ke kota ini tanpa menyicipi berbagai makanan berikut ini.

1. Bika Ambon

Siapa yang tidak tahu kue ini? Kue khas yang selalu jadi primadona untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh ketika ke luar kota? Di sini, kamu bisa mendapatkan Bika Ambon dengan berbagai varian rasa, mulai dari pilihan rasa original, keju, moka, pandan, dan pandan keju.

2. Soto Medan

Pernahkah kamu mencicipi lezatnya soto Medan? Jika belum, kamu harus mencobanya. Soto khas kota Medan sangat berbeda rasanya dengan soto khas daerah lainnya, seperti soto Betawi, soto Lamongan, soto Kudus, dll.  Kamu juga bisa menikmati perkedel kentang dan rempeyek udang.

Di samping itu, soto yang khas ini juga menawarkan danya daging udang dan daging ayam yang telah dibakar dan kemudian di rebus sehingga mengikat cita rasanya di dalam lidah.

Baca artikel lainnya: Menjelajah Wisata Alam di Medan, Air Terjun Dua Warna Sibolangit 

3. Pancake Medan

Cemilan yang satu ini seringkali menjadi incaran para pembeli hingga habis tak tersisa. Pancake khas Medan biasanya berisikan rasa durian yang lezat. Sangat cocok menemani aktivitas sehari-hari. Untuk harganya sendiri masih tergolong kategori cukup terjangkau.

Namun, perlu diingat bahwa pancake ini hanya bisa bertahan 9-10 jam saja jika berada di luar ruangan. Akan tetapi, bisa bertahan sampai 1 minggu bila berada di dalam freezer.

4. Bihun Bebek

Di kota ini, kamu bisa menemukan banyak kuliner unik dan khas yang disematkan dalam namanya. Tapi tidak mengurangi cita rasa kelezatan yang dihasilkan. Salah satunya adalah bihun bebek ini. Bahan utama dari menu ini adalah terbuat dari tepung beras dan tepung kanji sehingga tekstur bihun akan sangat kenyal dan mudah dikunyah.

Beberapa lembar suiran daging bebek serta kuatnya rasa kaldu yang dicampurkan menjadi satu membuat makanan ini memiliki aroma yang membuat siapa saja merasa lapar saat mengendusnya. Tersedia juga sambal dengan rasa pedas yang menggugah selera ataupun pilihan sambal asam yang siap dihidangkan di meja Anda.  Bihun bebek Medan menawarkan dua pilihan kuah, yaitu kuah kaldu dan kuah herbal. Lokasi tempat makan ini ada di Jl. Kumango, Kesawan, Kota Medan, Sumatera Utara

5. Lontong Medan

Walaupun setiap pagi kamu bisa menemukan penjual lontong di sekitar rumah ataupun tempat kerja, lontong khas Medan sangat berbeda rasanya dan jauh lebih nikmat. Dengan harga yang terjangkau kamu bisa membelinya lengkap dengan isian lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan kerupuk merah putih renyah yang khas. Menu ini sangat tepat dijadikan sarapan pagi saat kamu baru bangun tidur.

5 makanan di atas merupakan beberapa referensi dari sekian banyak makanan khas daerah Medan. Masih ada beberapa jenis wisata kuliner lainnya yang bisa kamu coba cicipi saat ke berkunjung ke sini. Pastikan juga kamu membawa kendaraan pribadi agar lebih mudah dalam hal transportasi, jika memang tidak memungkinkan, kamu bisa memilih opsi penggunaan jasa rental mobil Medan untuk menjelajah berbagai aneka wisata kulier yang kamu inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *