Inilah Alasan Mengapa Transmisi Manual Masih Diminati

Sistem transmisi yang digunakan pada mobil saat ini pada umumnya terdiri atas 2 varian yaitu sistem manual dan sistem otomatis. Sistem mobil manual sudah lebih dahulu diperkenalkan dan masih banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Sementara transmisi otomatis semakin populer digunakan karena menawarkan sistem yang lebih sederhana dan memberikan pengalaman berkendara lebih halus.

Sistem transmisi manual pada unit mobil ternyata tak berbeda jauh dengan sistem transmisi manual yang ada pada sepeda motor. Dimana fungsi utama dari sistem transmisi ini adalah untuk menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda kendaraan. Antara mobil dan motor, yang membedakan sistem ini adalah pada kinerjanya.

Untuk memahami fungsi mendasar transmisi manual, maka ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu beberapa fungsi yang ditawarkannya, antara lain;

Sistem transmisi manual bertugas untuk menyalurkan tenaga atau sering disebut juga dengan putaran mesin dari bagian kopling menuju poros propeler shaft.

Fungsi berikutnya adalah untuk merubah momen yang dihasilkan oleh mesin agar sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Kebutuhan ini bergantung pada beban yang harus ditanggung oleh mesin yang dipicu oleh laju kendaraan, muatan maupun kondisi jalan.

Fungsi lain yang ada dalam transmisi manual juga dapat dirasakan saat menghadapi kemungkinan kendaraan bergerak mundur yang dipengaruhi oleh permukaan jalan. Fungsi ini disebut dengan Reserve dan lebih umum ada pada unit mobil.

Fungsi transmisi manual lain yang juga tak kalah manfaatnya adalah pengaturan gigi percepatan sesuai dengan selera dan kebutuhan pengemudi. Misalnya jika menginginkan kendaraannya melesat lebih cepat seperti ketika akan mendahului kendaraan lain ataupun saat digunakan untuk balap.

Transmisi manual memang identik dengan gaya berkendara yang lebih sporty dan akselerasi yang lebih cepat untuk produk-produk mobil baru. Inilah yang membuat mobil baru dengan transmisi manual tetap diminati oleh banyak orang meskipun saat ini mobil matic semakin menunjukkan popularitasnya.

Bagi beberapa tipe pengemudi, membawa mobil dengan transmisi manual dapat menjaminkan penghematan penggunaan bahan bakar lebih baik. Pengaturan gigi yang sesuai dengan kecepatan laju kendaraan secara real time dapat menghemat tenaga yang dikeluarkan mesin. Namun saat ini teknologi mobil matic sendiri juga semakin ditingkatkan untuk mengejar efisiensi bahan bakar mobil manual tersebut.

Demikianlah beberapa fungsi dasar dari sistem transmisi manual dan alasan mengapa sistem ini masih diminati hingga saat ini. Terlepas dari apapun jenis sistem transmisi yang ada pada mobil Anda, hal yang utama yang perlu diperhatikan adalah perawatan dan penggunaan sewajarnya.

Seperti apapun baiknya sistem yang digunakan pada mobil, tanpa perawatan yang benar dan penggunaan sebagaimana mestinya, maka bukan tidak mungkin komponen yang harusnya bekerja dengan baik, menjadi mudah mengalami malfungsi dan memicu hal yang tidak diinginkan.

TOMOnet hadir memenuhi kebutuhan tersedianya harga ban mobil Bridgestone yang terjangkau dengan garansi resmi di seluruh outlet yang ada di Indonesia, Anda bisa mendapatkan produknya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *