Ingin Mengemudi Mobil Matic? 4 Hal Ini Perlu Diketahui

Di jaman yang semakin tinggi dengan tingkat mobilitas yang semakin tinggi memang tidak dipungkiri kemampuan untuk mengemudi itu harus dimiliki oleh setiap orang. Khususnya buat mereka yang tinggal di kota besar.

Tapi, seringkali yang menjadi kendala itu adalah mengemudi mobil tidak semudah saat mengemudi motor. Apalagi mobil dengan transmisi manual yang bisa dibilang sulit jika tidak memiliki bakat.

Nah, mungkin jika Anda yang masih sulit untuk mengemudikan mobil dengan transmisi manual bisa mencoba mobil dengan transmisi automatic atau yang biasa di sebut matic.

Tapi, sebelum mengemudikan coba perhatikan 4 hal berikut yang perlu Anda ketahui dalam mengemudi mobil matic.

1. Transmisi mobil matic hanya ada 2 pedal

Kalau biasanya mobil manual itu ada 3 pedal yaitu pedal untuk gas di sebelah kanan, rem kaki pada bagian tengah, dan bagian kopling pada bagian kiri, untuk mobil matic Anda hanya perlu mempelajari 2 pedal yaitu gas dan rem.

Tentunya dengan 2 pedal ini untuk menjalankan mobil matic lebih mudah daripada mobil manual. Tapi, jangan merasa aman begitu saja. Anda juga perlu hati-hati ketika menginjak gas mobil matic.

2. Tuas pada transmisi mobil matic

Mobil matic memiliki beberapa tuas yang perlu Anda ketahui, yaitu:

P (Park) : yang bisa Anda gunakan untuk memarkir atau dalam kondisi macet yang diperkirakan durasi macetnya bisa 10 menit.

R (Return) : yang bisa Anda gunakan untuk memundurkan mobil

N (Neutral) : Ketika macet dan supaya Anda tidak lelah, Anda bisa mengembalikan tuas pada posisi N dan supaya mobil benar-benar berhenti jangan lupa untuk menarik rem tangan. Pada posisi ini lepaskan kaki dari pedal rem maupun gas.

D (Drive) : tuas ini untuk posisi mengemudikan mobil untuk maju. Nah, drive ini terdiri dari D1, D2, dan D3. D2 dan D1 biasanya digunakan untuk laju kendaraan dengan kecepatan yang rendah.

3. Cara menjalankan mobil matic

Anda sudah memahami 2 hal di atas? 2 hal tersebut sebagai pengenalan awal sebelum Anda mulai untuk mengemudikan mobil matic.

Nah, bagian ini akan menjelaskan Anda bagaimana menjalankan mobil matic. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau mengemudikan mobil matic itu bisa disebut ya lebih mudah daripada mobil dengan transmisi manual.

Tapi, biar bagaimanapun Anda tetap harus mempelajari dengan baik cara menjalankannya. Kalau yang tidak bakat dan tidak fokus mungkin akan memerlukan proses yang cukup lama.

Pertama yang pastinya Anda harus memutar kunci menjadi on dan mesin akan menyala. Setelah itu Anda harus injek rem dan geser tuas ke posisi D. Kemudian injek gas perlahan bersamaan itu juga lepas kaki dari pedal rem.

Setelah mobil berjalan, Anda bisa menggeser tuas D ke posisi D manapun yang sesuai dengan kecepatan laju mobil Anda.

Di saat mobil dalam posisi menanjak, jangan lupa geser tuas ke posisi L dan biasakan menginjak pedal rem di saat menggeser tuas.

4. Perawatan mobil matic

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah perawatan mobil matic. Jika Anda memiliki mobil matic supaya mobil tersebut tetap awet dan selalu bekerja dengan baik mesinnya butuh untuk dirawat.

Perawatan yang dapat Anda lakukan salah satunya adalah dengan melakukan servis mobil secara berkala untuk mengecek mesin-mesin atau fitur mobil. Apabila ada masalah bisa segera diperbaiki.

Pelajari dengan baik 4 hal tersebut demi pengalaman mengemudi mobil matic yang aman dan baik. Di samping cara itu, Anda juga dapat memilih layanan asuransi kendaraan mobil terbaik melalui perusahaan asuransi untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan ataupun kerugian lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *