Bagaimana Merawat Genset yang Tepat? Simak Tipsnya Berikut

Sebagai salah satu komponen elektronik, genset menjadi salah satu alat dengan prioritas tinggi dalam perawatan yang dilakukan. Umumnya, genset banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan dalam menciptakan kestabilan daya listrik.

ikuti tips merawat genset berikut ini

Bila genset tidak pernah dirawat, maka tingkat keamanan dan fungsionalnya bisa bekerja tidak maksimal yang hanya akan menyebabkan masalah bertambah. Oleh karena itu, teknisi harus memperhatikan dengan baik bagaimana cara genset hingga awet jadi bisa digunakan selama bertahun-tahun.

Berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Melakukan Pemeriksaan dan Pergantian Oli Secara Rutin

Sebagai penghasil daya listrik, komponen utama genset yang berasal dari mesin dan alternator juga membutuhkan perawatan dengan dilakukan pengecekkan oli pada mesin. Bila oli kering, maka genset akan sulit dinyalakan, bahkan mengalami kekeringan oli.

Dikarenakan banyaknya macam dan jenis genset yang dijual di pasaran, sangat direkomendasikan agar Anda memeriksa kembali buku petunjuk mengenai berapa lama durasi pergantian oli yang disarankan.

2. Jangan Lupa untuk Memanaskan Mesin Genset Sebelum Digunakan

Kebiasaan untuk langsung menggunakan genset ketika listrik padam tanpa dipanaskan terlebih dahulu dapat membuat mesin genset lebih cepat mati. Ada baiknya untuk menyisihkan waktu dalam kurun waktu tertentu untuk memanaskan mesin genset walau hanya 5 sampai 10 menit. Dengan begitu, sirkulasi oli yang ada dalam mesin tetap terjaga dengan baik.

3. Pastikan Genset Ada di Tempat Kering

Hindari menempatkan genset di tempat yang basah ataupun bisa terkena air. Komponen elektronik yang ada di dalam genset bisa dengan mudah mengalami korsleting jika terkena air. Walaupun sudah ada genset yang didesain khusus anti air, namun tetap saja menjaga agar tidak mudah rusak adalah hal yang paling penting untuk dilakukan.

4. Gunakan Genset Sesuai Kapasitasnya

Jika memang genset yang ada hanya memiliki daya tertentu, jangan pernah memaksakan untuk menggunakan peralatan elektronik lainnya dengan daya tinggi untuk menghindari kerusakan pada genset. Bila dilakukan, maka kekuatan genset tidak akan kuat untuk memberikan suplai listrik.

Jika memang membutuhkan kapasitas besar, maka Anda bisa membeli genset baru atau menyewa genset lagi untuk mengcover kebutuhan listrik yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *