Bagaimana Cara Menumbuhkan Motivasi Karyawan Dalam Bekerja? Berikut Strateginya

Permasalahan yang sering kali ditemui oleh top management dalam skala perusahaan berskala menengah hingga ke atas adalah tentang kinerja karyawan yang cenderung masih tidak stabil.

Padahal, perusahaan sudah sangat loyal dalam memberikan berbagai kebijakan yang pro kepada seluruh karyawan, namun mengapa kinerja ataupun target yang diberikan masih tidak bisa tercapai? Hampir semua perusahaan pasti menanyakan hal yag sama seperti ini.

Umumnya, para manager perusahaan ataupun yang memiliki jenjang atas dalam sebuah posisi di perusahaan harus mengetahui bahwa karyawan bekerja memiliki motivasi. Motivasi itu sendiri dibagi menjadi 2, yakni intrinsik dan ekstrinsik.

motivasi karyawan

Intrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri karyawan, sedangkan ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar diri karyawan (lingkungan sekitar & faktor lainnya). Sebagai bagian dari pengembangan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan, manager/HRD harus peka terhadap dan memahami kondisi karyawannya dengan baik.

Hal ini untuk menjalin komunikasi yang baik serta karyawan mau terbuka bila ada masalah. Untuk menumbuhkan motivasi karyawan demi meningkatkan kinerjanya, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan, seperti:

1. Memberikan Kenaikan Salary

Bisa dibilang ini adalah cara paling umum, namun bukan berarti semua masalah selesai bila Anda memberikan kebijakan untuk meningkatkan salary karyawan. Anda harus tahu terlebih dahulu faktor utama kenapa motivasi karyawan menurun sehingga berpengaruh terhadap kinerjanya di kantor. Bila karena memang faktor finansial, maka kenaikan salary bisa membantunya untuk tetap berada di perusahaan dan membangun loyalitas yang baik terhadap pekerjaan serta perusahaan.

Namun, bila faktornya karena sudah merasa tidak nyaman ataupun jenuh dengan rutinitas yang dilakukannya. Cobalah untuk memberikan izin cuti beberapa hari agar yang bersangkutan bisa berlibur dan melepas semua beban pikirannya.

Saat karyawan sudah kembali dan merasa lebih baik, bisa dipastikan bahwa motivasi yang hilang akan bisa didapatkan kembali.

2. Mengupgrade Skill dengan Ikut Pelatihan

Untuk point kedua ini biasanya terjadi pada beberapa karyawan yang bekerja sudah cukup lama, di atas 4 tahun dan merasa bahwa mereka tidak berkembang ataupun belajar hal-hal baru lagi. Ini menyebabkan pola pikir yang selalu membuat mereka berpikir bahwa si karyawan tidak lagi diperhatikan dan mereka sudah sangat tertinggal dengan kemajuan teknologi serta zaman yang semakin modern.

Hingga akhirnya mempengaruhi apa yang dilakukannya dikantor. Bisa dikatakan bahwa bekerja sudah tidak sepenuh hati, tentu hasilnya juga tidak akan 100%. Cobalah untuk menawarkannya untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan dalam bidang pekerjaan yang sesuai ataupun di luar hal itu bila memang Anda ingin menawarkan kesempatan untuk melakukan tanggung jawab di posisi yang berbeda.

Dengan begitu, karyawan akan mulai berpikir bahwa perusahaan juga mau memberdayakan karyawan agar terus berkembang dan bisa meningkatkan skill mereka.

3. Buat Sistem Penghargaan

Bila di kantor tidak ada budaya punishment/reward yang diberikan, umumnya karyawan akan tidak all-out dalam mengerahkan semua kemampuan mereka. Adanya sistem ini, tentu akan membuat karyawan berusaha sebaik mungkin agar terhindar dari hukuman.

Nah, bila ada karyawan yang berprestasi tentu harus diberikan apresiasi dengan hadiah/reward, bisa berupa finansial ataupun non finansial yang tujuannya agar karyawan bisa terus termotivasi untuk bekerja dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa meningkatkan motivasi karyawan. Jadi, sebelum bertindak Anda harus memahami akar permasalahan yang terjadi dan mengambil keputusan dengan bijak.

Bila Anda seorang top level management ataupun business owner yang ingin menggali lebih dalam tentang bagaimana memberdayakan karyawan, disarankan untuk mengikuti program pelatihan dan pengembangan sdm untuk bisa mengetahui cara-cara terbaik dalam mengambil keputusan yang akan dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *