Bagaimana Cara Membersihkan Karpet dengan Mudah? Ini Dia Langkah-Langkahnya

Karpet sangat mudah kotor dan seringkali berdebu. Apalagi jika Anda memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, sudah bisa dipastikan bahwa karpet akan dipenuhi oleh bulu-bulu dari hewan kesayangan Anda. Walaupun Anda sudah menyapu karpet berulang kali, namun belum tentu karpet sudah bersih sepenuhnya karena pasti masih ada beberapa debu dan kotoran yang menempel dan tidak bisa dihilangkan begitu saja dengan mudah. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan mencucinya secara manual.

Baca juga: Langkah-langkah praktis mengeringkan karpet yang basah dengan cepat

Jika Anda ingin melakukannya sendiri, Anda bisa mengikuti berbagai langkah yang telah disediakan oleh Dehygienique sebagai penyedia jasa cuci karpet rumah di Jakarta agar karpet rumah Anda kembali bersih.

  • Bersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner terlebih dahulu untuk menghilangkan debu-debu kering yang menempel. Sangat disarankan untuk menggunakan vacuum cleaner jenis wet & dry agar tidak hanya bisa menyedot debu tapi juga menyedot air atau bagian karpet yang basah terkena cairan yang sulit hilang.
  • Setelah kering, bentangkan karpet di halaman rumah. Pastikan jangan sampai ada bagian yang terlipat dan haruskan posisi karpet terbuka sepenuhnya untuk disiram menggunakan air bersih. Jika memiliki alat penyemprot bertekanan tinggi akan lebih bagus lagi karena bisa memudarkan debu/kotoran yang sulit memudar.
  • Gunakan deterjen ataupun sampo karpet untuk membasahi seluruh area permukaan karpet lalu sikat hingga bersih. Perhatikan tekanan kekuatan tangan saat menyikat, jangan terlalu kuat agar bulu-bulu di karpet tidak mudah rontok. Memang perlu waktu dan usaha yang tidak sedikit, tapi dengan begitu karpet Anda akan kembali bersih seperti baru. Perlahan lebih pasti adalah hal yang harus Anda ingat.
  • Setelah benar-benar bersih, sekarang masuk ke tahap pembilasan menggunakan pewangi agar karpet tetap harum.
  • Keringkan karpet dengan cara dijemur atau digantungkan.
  • Saat sudah kering, berikan sedikit baking soda untuk menghilangkan bau lembab yang masih menempel (jika tidak ada bau lembab, maka tidak perlu memberikan baking soda pada karpet). Tunggu hingga kering, setelah itu keringkan kembali menggunakan vacuum cleaner.
  • Jika karpet tersebut tidak ingin digunakan setelah dibersihkan, ada baiknya untuk melipat dan membungkusnya untuk menghindari debu dan kotoran baru. Namun, jika ingin langsung menggunakannya kembali, Anda bisa langsung menggelar karpet di tempatnya berada.

Kebersihan karpet rumah harus Anda perhatikan dengan baik, cucilah karpet minimal 1 kali dalam waktu 2-3 bulan, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkannya, silahkan hubungi jasa cuci karpet untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *