Air Operated Double Diaphragm Pump

Air Operated Double Diaphragm Pump atau Pompa Diapraghma yang dioperasikan menggunakan tekanan angin merupakan sebuah inovasi dibidang teknologi pompa. Jika kita pernah membaca tipe-tipe pompa, salah satunya adalah pompa diaphragma. Cara kerja pompa jenis ini adalah menggunakan teknik positif displacement, Positive Displacement Pump menggerakan fluida dari area suction, kemudian fluida tersebut akan terjebak pada ruang. Kemudian dengan menggunakan gaya yang sama saat masuk (displace) fluida digerakan keluar menuju area discharge.

mekanisme-kerja-pompa-diapragma

FTI Indonesia, sebagai salah satu produsen pompa diaphragma, beberapa waktu ini meluncurkan sebuah series baru yang menjadi pelopor lahirnya teknologi Pompa Diapragma.

Tentang FTI Indonesia Air Operated Double Diaphragm Pump

FTI Indonesia Air Operated Diaphragm Pump memiliki perbedaan, terutama dikarenakan mereka menggunakan dua diaphragma sebagai suction dan discharge secara bersamaan. Berikut penampang melintang dari pompa ini.

 

Pada penampang dapat dilihat bahwa FTI Drum Pump merencanakan sebuah efisiensi yang cukup jenius dengan mengaplikasikan dua diaphragma dan menjalankannya secara bergantian. Bayangkan jika hanya menggunakan satu pompa diaphragma saja mampu menghasilkan efisiensi hingga 60% untuk transport, dengan ini maka efisiensi bisa dimaksimalkan menjadi 80% dari kapasitas totalnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa kapasitas pompa akan mempengaruhi konsumsi power atau energi yang diciptakan oleh mesin. Semakin sering dan banyak konsumsi power yang di bebankan pada sebuah mesini, maka akan memperpendek usia penggunaanya. Dan kita tidak ingin itu terjadi pada mesin yang kita gunakan. Apalagi jika mesin tersebut berkaitan dengan proses penting dalam sebuah industri.

Selain itu, FTI juga sedikit memberikan tambahan pada bagian bodi shaft seal dengan bahan stainless dan rubber untuk meningkatkan performa dan keamanan cairan agar tidak mudah keluar dan tahan terhadap korosif yang mungkin terjadi akibat cairan atau bahan yang terkandung dalam liquid yang melalui permukaan pompa. Dengan datangnya seri ini, FTI mengukuhkan dirinya dalam pengembangan pompa dan pelopor air diapraghm pump dengan sistem ini. Tinggal kita nantikan perkembangan apa lagi yang bisa diciptakan dari teknologi yang kian hari kian modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *