4 Cemilan Manis Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Jogja memang punya sejuta hal menarik yang bikin para pengunjungnya tidak ingin beranjak. Dari budayanya, tempat wisatanya, dan kulinernya seperti gudeg yang sudah sangat terkenal. Tapi jangan sekedar mencoba kuliner gudegnya saja. Di Jogja ada 4 jenis cemilan manis yang sangat di sayangkan jika Anda lewatkan.

Kota Jogjakarta

  • Bakpia

Bakpia adalah salah satu cemilan dengan rasa manis yang paling terkenal dari Jogjakarta. Pasti setiap orang akan menjadikan bakpia sebagai oleh-oleh untuk rekan-rekannya. Bakpia selalu menjadi pilihan Karena rasanya yang enak dan manis. Semakin banyaknya orang yang minat dengan kue bakpia, isi dari bakpia tidak hanya kacang hijau tapi juga ada keju, coklat kacang, dan susu. Dengan semakin banyaknya varian rasa baru orang-orang tidak mudah cepat bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Untuk satu kotak bakpia harganya Rp. 30.000- Rp. 45.000

baca juga: Tips Rental Mobil di Surabaya dengan Tepat

  • Yangko

Selama ini, mochi dikenal sebagai kue yang berasal dari negeri sakura. Namun, siapa sangka jika Anda juga bisa menemukan mochi yang sangat khas di Yogyakarta? Adalah Yangko yang merupakan jajanan dari tepung beras ketan dengan tekstur yang kenyal sehingga sangat mirip dengan kue mochi. Agar semakin menggugah selera, Yangko diberi pewarna makanan warna-warni sehingga tampilannya menjadi cantik. Satu kotak yangko umumnya terdiri dari 30 rasa yang berbeda. Sama seperti bakpia, ada beberapa merk yangko yang terkenal di Yogyakarta. Akan tetapi, merk yang terkenal adalah Yangko Pak Praptop karena sudah berdiri sejak tahun 1921.

  • Geplak

Jogja adalah surganya cemilan manis. Kali ini, Bacaterus akan merekomendasikan Geplak, sebuah cemilan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta. Geplak adalah irisan daging kelapa yang dimasak dengan gula, lalu diberi pewarna makanan. Hasilnya, tampilan Geplak memang sangat cantik. Geplak dengan warna-warni yang cantik ini adalah hasil modifikasi yang tergolong modern. Jika Anda ingin merasakan geplak yang original, maka Anda bisa membeli geplak putih yang terbuat dari gula tebu atau geplak coklat yang berasal dari gula jawa.

baca juga : Ini Dia 3 Tempat Wisata di Medan yang Paling Terkenal

  • Coklat Monggo

Siapa yang tidak suka dengan coklat? Cemilan satu ini memang paling banyak diminatin oleh orang-orang. Di jogja ada coklat yang sangat terkenal yaitu coklat monggo. Rasanya tidak kalah jauh dengan coklat-coklat yang berasal dari Belgian. Namun, perlu Anda ketahui bahwa biji coklat yang digunakan untuk membuat Coklat Monggo ini 100% berasal dari Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Dikemas dengan bungkus yang menarik, Coklat Monggo ini menjadi salah satu makanan yang wajib dibeli oleh para wisatawan yang datang ke kota pelajar ini. Bahkan, Coklat Monggo adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin oleh-oleh yang tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *